Perut Babi Curing Cina (Lap Kanton yuk)

Oleh : MemoriQQ

Perut babi yang diawetkan Cina, atau busuk (daging babi asap) dalam bahasa Mandarin dan lap yuk dalam bahasa Kanton, adalah makanan pokok dalam masakan Cina. Akhir musim gugur dan musim dingin adalah waktu yang tepat untuk membuatnya di rumah.

Saya baru saja menyiapkan dua batch, dan saya tidak percaya betapa enaknya itu! Batch pertama dengan cepat dibagi dan diberikan sebagai hadiah, dan saya harus segera membuat batch lain untuk diri kita sendiri.

(Tidak ada hadiah yang lebih baik daripada beberapa potongan berharga dari perut babi ini, jadi jika Anda sedang mencari sesuatu untuk diberikan kepada keluarga dan teman-teman untuk Tahun Baru Imlek atau acara khusus lainnya… tidak perlu mencari lagi.)

Saya harus mengatakan, ini adalah salah satu versi terbaik dari perut babi yang diawetkan Cina ini atau mungkin daging yang diawetkan Cina yang pernah saya miliki.

Perut babi Cina yang diawetkan tergantung saat dikeringkan

Catatan: resep ini awalnya diterbitkan pada bulan Desember 2015. Sejak itu kami telah memperbaruinya dengan video baru yang menunjukkan seluruh proses, pengukuran metrik, dan instruksi yang lebih jelas. Menikmati!

Resep Nenek

Awalnya tidak ada rencana untuk melakukan ini sebagai posting resep untuk blog, mengetahui bahwa itu mungkin tidak akan sepopuler Roti Susu atau Nasi Goreng Babi kami.

Tapi suatu malam, saya melemparkan sepotong perut babi yang diawetkan ini ke dalam penanak nasi dan memasaknya bersama nasi, dan Sarah dan Kaitlin menghancurkan semuanya!

Kami memutuskan di tempat yang kami butuhkan untuk mendokumentasikan resep perut babi Cina buatan sendiri ini untuk generasi mendatang.

Untuk waktu yang lama, satu-satunya orang di keluarga yang membuat perut babi yang diawetkan ini adalah nenek Bill, yang berusia 102 tahun dan masih tinggal di Chinatown. (Lihat dia di pos Acar Mustard Greens kami.)

Setiap tahun, ketika musim dingin mengusir musim gugur, dia membuat batch besar dan membaginya dengan anak-anak dan cucu-cucunya––semua empat generasi telah memakan pangkuan yuk yang dia buat selama bertahun-tahun sekarang.

Setiap kali kami meminta resepnya, dia selalu berbicara tentang betapa mudahnya itu. Dengan kata-katanya sendiri: “Cukup rendam daging babi dengan kecap manis, jahe, anggur, dan sedikit wiski, dan gantung di dekat jendela. Itu dia.”

Dia benar … itu adalah cukup mudah. Tapi instruksi kami untungnya sedikit lebih rinci!

Catatan Resep

  • Warna perut babi di foto menjadi lebih gelap dari yang saya inginkan. Saya membuat penyesuaian resep dengan mengurangi jumlah kecap hitam.
  • Jika Anda tidak memiliki baijiu (), minuman keras Cina, wiski adalah alternatif yang baik. Pilih botol yang layak, dan ingat untuk mencampur minuman keras dengan saus setelah benar-benar dingin.
  • Pastikan semua peralatan, wadah, dan tangan Anda bersih saat menyiapkan perut babi untuk diawetkan.
  • Kondisi pengeringan harus sejuk, kering dan dengan aliran udara, suhu harus sekitar 50 °F hingga 55 °F (10 °C hingga 13 °C). Anda dapat mengolah perut babi di ruang bawah tanah yang dingin dan kering (jalankan dehumidifier) ​​atau ruangan dingin lainnya, di lemari es (pastikan perut babi diletakkan di rak sehingga ada aliran udara di sekitarnya), atau bahkan di luar saat dingin dan kering. Jika menyembuhkan di luar, suhunya harus di bawah 50 °F, karena Anda juga harus menghadapi matahari!
  • Lap yuk yang dibeli di toko biasanya tersedia dalam potongan yang lebih panjang. Saya memotong setiap bagian menjadi dua, karena setiap bagian adalah porsi yang baik untuk satu hidangan.
iris lap yuk dalam semangkuk nasi putih

Kami baru saja menambahkan video ke posting ini, di mana saya berbicara dengan Anda melalui seluruh resep, jadi periksa itu tepat di atas kartu resep setelah melihat langkah demi langkah di bawah ini.

Perut Babi Cina yang Diawetkan: Petunjuk Resep

tiga potong kulit perut babi

Dalam panci kecil, tambahkan jahe, daun salam, adas bintang, batang kayu manis, merica Sichuan, garam, kecap asin (老抽), kecap asin (生抽), anggur Shaoxing, dan gula.

Tempatkan panci di atas api sedang, dan didihkan campurannya, aduk untuk melarutkan gula. Prosesnya seharusnya hanya memakan waktu beberapa menit. Matikan api dan biarkan dingin sama sekali.

Membuat campuran bumbu air garam untuk lap yuk di panci kecil

Sambil menunggu sausnya dingin, bilas perut babi dan keringkan dengan handuk kertas. Daging babi harus sekering mungkin. Atur potongan dengan rapi di piring yang dangkal dan berbingkai.

Setelah saus benar-benar dingin, masukkan baijiu (白酒 – minuman keras Cina) atau wiski.

Tuangkan campuran di atas daging babi, pastikan untuk benar-benar merendam daging. Anda bahkan dapat meletakkan piring atau mangkuk bersih di atasnya untuk menurunkan berat daging.

Tutup rapat dan dinginkan selama 3 hari penuh, balik perut babi sekali setiap hari untuk memastikan saus meresap ke daging secara merata.

Pork Belly di pangkuan yuk campuran air garam

Setelah 3 hari, saatnya untuk menggantung mereka untuk menyembuhkan. Gunakan tali dapur dan tusuk sate bambu untuk memasukkan tali melalui lemak di perut babi.

Mengikat tali dapur di sekitar ujung tusuk sate bambu
Menggunakan tusuk sate bambu untuk menjalankan tali dapur melalui perut babi

Ikat simpul untuk membuat lingkaran yang kokoh, dan gantung perut babi di tempat kering yang sejuk. Saya menggunakan ruang bawah tanah kami, yang memiliki tingkat suhu dan kelembaban yang optimal.

Anda ingin suhu tetap sekitar 50 hingga 55 ° F (10 hingga 13 ° C), dan kelembaban relatif sekitar 65%.

Saya membiarkan jendela terbuka di siang hari untuk membiarkan udara segar masuk. Jendela disaring dan kami menutup ruangan untuk mencegah lalat rumah dan makhluk lain keluar. Jika Anda tidak memiliki sumber udara segar, jalankan kipas angin yang diarahkan ke perut babi agar udara tetap mengalir di sekitarnya.

Catatan: perut babi yang diawetkan ini paling baik dibuat selama bulan-bulan yang lebih dingin!

Oh, jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, jauhkan mereka dari babi! Seperti yang Anda lihat pada foto di bawah ini, Barley sangat tertarik…

Pork Belly tergantung dari tongkat yang kokoh

Lapisi koran di atas plastik di lantai untuk menampung cairan yang menetes dari daging babi, dan biarkan mengering selama 4-6 hari sampai lapisan luar benar-benar kering dan bagian dalamnya masih agak lunak saat ditekan.

Anda bahkan bisa menyembuhkan perut babi ini di luar ruangan, asalkan dingin dan kering. Lebih baik jika suhunya di atas titik beku (Anda tidak ingin daging babi membeku padat), tetapi di bawah 50°F. Beberapa sinar matahari baik-baik saja, dan sebenarnya baik untuk menyembuhkan!

menyembuhkan perut babi di luar ruangan ala Cina
Kami berbicara lebih banyak tentang proses curing di luar ruangan dalam video yang kami buat untuk posting ini, yang dapat Anda lihat tepat di atas kartu resep di bawah ini.

Untuk menyimpan, masukkan ke dalam tas freezer dengan udara sebanyak mungkin dikeluarkan. Anda dapat membekukannya hingga 3 bulan (untuk kualitas terbaik, atau hingga 1 tahun!) untuk hidangan seperti Nasi Pot Tanah Liat Gaya Hong Kong ini!

Nasi pot tanah liat adalah hidangan terkenal di Hong Kong dan Guangdong di bulan-bulan musim dingin. Anda ingin tahu seberapa populer? Ini sangat populer sehingga banyak restoran mulai membuatnya sebelum pelanggan benar-benar masuk.

Ini adalah seberapa yakin mereka bahwa mereka akan dijual. Seiring dengan beberapa choy sum yang direbus, Anda mendapatkan makanan nyaman yang sempurna yang di atas. Dan itu hanya satu aplikasi lain untuk perut babi yang diawetkan ini!

Potongan perut babi yang diawetkan di atas kertas perkamen

Untuk menyiapkan perut babi ini dengan cara yang paling sederhana (dan lezat), cukup tambahkan nasi dan air ke penanak nasi Anda seperti biasanya untuk memasak nasi putih. Kemudian lemparkan sepotong perut babi yang diawetkan ini di atasnya, tutup dan tekan MULAI.

Sepotong perut babi yang diawetkan dalam penanak nasi dengan nasi dan air

Setelah nasi selesai dikukus, perut babi Anda juga akan dipanaskan. Potong-potong pangkuanmu yuk dan campurkan dengan nasimu!

Ini sangat bagus!

Irisan perut babi yang diawetkan di atas nasi

Catatan samping: Barley hampir tidak bisa menahan diri saat kami mengambil foto untuk posting ini. Kami harus mengusirnya dari bau perut babi yang diawetkan beberapa kali!

Barley mencoba mencuri perut babi!

Menonton video!

Perut Babi yang Diawetkan Cina

Resep perut babi Cina yang diawetkan ini benar-benar harta keluarga––Ibu dan nenek Bill telah membuatnya selama beberapa dekade. Sangatlah sederhana untuk membuat perut babi yang diawetkan ini “la rou” atau “lap yuk” (dalam bahasa Kanton) di rumah!

Perut babi Cina yang diawetkan tergantung saat dikeringkan

melayani: 16

instruksi

  • Dalam panci kecil, tambahkan jahe, daun salam, adas bintang, batang kayu manis, merica, kecap, anggur Shaoxing, dan gula. Tempatkan panci di atas api sedang, dan didihkan campurannya, aduk untuk melarutkan gula. Prosesnya seharusnya hanya memakan waktu beberapa menit. Matikan api dan biarkan dingin sepenuhnya.

  • Sambil menunggu sausnya dingin, bilas perut babi dan keringkan dengan handuk kertas. Daging babi harus sekering mungkin. Atur potongan dengan rapi di piring yang dangkal dan berbingkai.

  • Setelah saus benar-benar dingin, masukkan baijiu atau wiski. Tuangkan campuran di atas daging babi, pastikan dagingnya benar-benar terendam. Anda bahkan dapat meletakkan piring atau mangkuk bersih di atasnya untuk menurunkan berat daging. Tutup rapat dan dinginkan selama 3 hari penuh, balik perut babi sekali setiap hari untuk memastikan saus meresap ke daging secara merata.

  • Setelah 3 hari, saatnya untuk menggantung mereka untuk menyembuhkan. Gunakan tali dapur dan tusuk sate bambu untuk memasukkan tali melalui lemak di perut babi. Ikat simpul untuk membuat lingkaran yang kokoh, dan gantung perut babi di tempat kering yang sejuk. Saya menggunakan ruang bawah tanah kami, yang memiliki tingkat suhu dan kelembaban yang optimal (Anda ingin suhu tetap sekitar 50-55 °F (10-13°C), dan kelembaban relatif harus sekitar 65%. Saya membiarkan jendela tetap terbuka selama hari untuk membiarkan udara segar.Catatan: perut babi yang diawetkan ini paling baik dibuat selama bulan-bulan yang lebih dingin!

  • Lapisi beberapa koran di lantai untuk menampung cairan yang menetes dari daging babi, dan biarkan mengering selama 4 sampai 6 hari sampai lapisan luar benar-benar kering dan bagian dalam masih sedikit lunak saat ditekan. Untuk menyimpan, masukkan ke dalam tas freezer dengan udara sebanyak mungkin dikeluarkan.

  • Untuk menyiapkan perut babi ini dengan cara yang paling sederhana (dan lezat), cukup tambahkan nasi dan air ke penanak nasi Anda seperti biasanya untuk memasak nasi putih. Kemudian taruh sepotong perut babi di atasnya dan kukus seperti biasa. Setelah nasi selesai dikukus, perut babi Anda juga akan dipanaskan. Iris dan campur dengan nasi Anda!

fakta nutrisi

Kalori: 527kkal (26%) Karbohidrat: 2G (1%) protein: 10G (20%) Gemuk: 53G (82%) Lemak jenuh: 19G (95%) Kolesterol: 71mg (24%) Sodium: 325mg (14%) Kalium: 193mg (6%) Serat: 1G (4%) Gula: 1G (1%) Vitamin A: 10IU Vitamin C: 0,3mg Kalsium: 11mg (1%) Besi: 0,7mg (4%)



Sumber :
MenuQQ
PriaQQ
MulaiQQ