Mei Cai Kou Rou | Perut Babi dengan Sayuran yang Diawetkan

Oleh : ArahQQ

Mei Cai Kou Rou, hidangan perut babi yang direbus dan kemudian dikukus, menempati posisi tinggi dalam daftar makanan kenyamanan Cina. Ini juga merupakan hidangan perayaan yang cocok untuk makan malam Tahun Baru Imlek atau acara khusus lainnya.

Masakan yang bikin kangen tanah air kalau jadi orang Tionghoa, masakan yang bikin kangen masa kecil kalau jadi aku, dan masakan yang bikin kangen Yong He Da Wang (Rantai makanan cepat saji di Cina yang melakukan pekerjaan yang cukup baik dengan hidangan perut babi kukus ini) jika Anda Kaitlin.

Catatan: Posting ini awalnya diterbitkan pada Januari 2015. Sejak itu, kami telah memperbaruinya dengan informasi lebih lanjut tentang menyiapkan sayuran yang diawetkan, foto yang lebih jelas, dan pengukuran metrik. Resepnya masih sama. Menikmati!

Hidangan yang Menarik

Mei Cai Kou Rou adalah hidangan yang terlihat padat karya. Anda dapat memberi tahu tamu Anda bahwa Anda bekerja keras di atas kompor sepanjang hari!

Sebenarnya, bagian tersulit dari hidangan ini adalah mencuci sayuran yang diawetkan (sangat penting untuk mencucinya sampai bersih).

Karena itu, jika Anda menginginkan versi yang lebih mudah dari hidangan ini, cobalah perut babi rebus kami dengan meigan cai, di mana perut babi dimasak dalam potongan yang lebih kecil.

Pada akhirnya, ini adalah resep perut babi Cina yang sangat istimewa. Sayur sawi yang diawetkan benar-benar menambah cita rasa yang unik dan sangat adiktif.

Bagaimana Mempersiapkan Meigan Cai

Oke, mari kita bicara tentang cara menyiapkan sayuran kering ini. Mereka cenderung cukup berpasir, dan Anda tidak ingin ada pasir di piring terakhir Anda!

  1. Pertama, Anda perlu merendamnya hingga 5-6 jam dalam baskom besar.
  2. Kedua, Anda harus mencucinya 6-7 kali, sampai airnya benar-benar bersih.

Mencucinya dalam saringan di bawah air mengalir tidak akan cukup. Dapatkan mangkuk atau baskom terbesar yang Anda miliki, dan rendam/bilas setidaknya 6 kali.

Meskipun mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, itu benar-benar hanya beberapa menit dari persiapan aktif.

Paket sayuran kering Cina yang diawetkan

Saya biasa membeli sawi kering yang dikemas dalam kotak, dan tampaknya kualitasnya lebih baik daripada merek yang dikemas dalam kantong plastik. Jika Anda dapat menemukannya, dapatkan!

Berbagai merek meigan cai
Berbagai merk meigan cai.

Sayuran sawi juga bisa terasa asin (merek yang berbeda memiliki tingkat keasinan yang berbeda-beda, dan sebagian besar garam itu hilang saat proses pencucian), jadi pastikan untuk menambahkan kecap secara bertahap, dan cicipi di sepanjang prosesnya.

Mei Cai Kou Rou: Petunjuk Resep

Siapkan sawi kering yang diawetkan. Rendam selama 5-6 jam.

Merendam Meigan Cai dalam semangkuk air

Kemudian cuci dalam baskom besar berisi air 6-7 kali untuk menghilangkan semua pasir dan kotoran. Tiriskan dan sisihkan.

mei cai atau moy choy yang direndam

Masukkan perut babi ke dalam panci, dan tutup dengan air dingin. Tambahkan irisan jahe dan adas bintang. Didihkan, kecilkan api, dan masak selama 35 menit. Angkat daging babi dan sisihkan.

Panaskan satu sendok makan minyak dalam wajan dengan api sedang. Cokelat daging babi di sisi kulit terlebih dahulu, lalu sisi lainnya.

potongan perut babi yang membakar di wajan
potongan perut babi yang membakar dalam wajan dengan kulit renyah

Setelah kecoklatan, tambahkan satu sendok teh kecap hitam dan satu sendok makan air. Lapisi daging babi dengan hati-hati ke dalam cairan. Matikan api dan biarkan daging babi dingin di dalam wajan.

sebongkah perut babi panggang dengan kecap hitam

Iris daging babi dengan hati-hati menjadi irisan perut babi inci. Atur dengan rapi di dasar mangkuk tahan panas yang dangkal.

Mengiris perut babi setengah matang

Dalam wajan, tambahkan satu sendok makan minyak dan gula batu. Masak gula hingga meleleh dan berubah warna menjadi karamel. Tambahkan jahe cincang dan masak selama 30 detik. Kemudian tambahkan sayuran yang diawetkan, dan aduk selama beberapa menit.

tumis moy choy direndam dalam wajan

Tambahkan satu sendok makan kecap hitam, 2 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan shaoxing wine, dan 1 cangkir kaldu ayam. Didihkan lalu matikan api.

Sendokkan campuran sayuran yang diawetkan di atas irisan perut babi di mangkuk. Oleskan secara merata untuk menutupi semua daging babi.

Masukkan mangkuk ke dalam kukusan dan kukus selama 75 menit. Lihat posting kami tentang cara menyiapkan pengukus jika Anda tidak terbiasa dengan mengukus makanan dalam masakan Cina.

Semangkuk perut babi dan moy choy di kapal uap

Keluarkan mangkuk dari kukusan. Tuang cairan berlebih dengan hati-hati ke dalam wajan (Anda akan menggunakan cairan ini untuk membuat saus).

Bawa cairan ke dalam api kecil. Masukkan larutan tepung maizena (1 sendok teh tepung maizena dicampur dengan 1 sendok makan air) untuk mengentalkannya.

Tutup mangkuk berisi perut babi kukus dengan piring saji Anda dan balikkan ke piring.

Mei Cai Kou Rou atau Moy Choy Kau Yuk

Tuang saus di atas piring dan sajikan. Hidangan perut babi kukus ini sangat lezat dengan semangkuk nasi putih!

Moy Choy Kau Yuk Over Rice

Mei Cai Kou Rou (Perut Babi Kukus dengan Sayur Mustard yang Diawetkan)

Mei Cai Kou Rou adalah hidangan perut babi yang direbus dan dikukus dengan sawi hijau yang diawetkan, dan ini sangat tinggi dalam daftar makanan kenyamanan Cina!

Chinese Mei Cai Kou Rou - Perut Babi Kukus dengan Sayuran yang Diawetkan

melayani: 6

instruksi

  • Siapkan sayuran yang diawetkan. Rendam selama 5-6 jam. Kemudian cuci dalam baskom besar berisi air 6-7 kali untuk menghilangkan semua pasir dan kotoran. Tiriskan dan sisihkan.

  • Masukkan perut babi ke dalam panci, dan tutup dengan air dingin. Tambahkan irisan jahe dan adas bintang. Didihkan, kecilkan api, dan masak selama 35 menit. Angkat daging babi dan sisihkan.

  • Panaskan satu sendok makan minyak dalam wajan dengan api sedang. Cokelat sisi kulit babi terlebih dahulu, diikuti dengan sisi lainnya. Setelah kecoklatan, tambahkan 1 sendok teh kecap hitam dan satu sendok makan air, dan lumuri daging babi dengan hati-hati ke dalam cairan. Matikan api dan biarkan daging babi dingin di dalam wajan.

  • Iris daging babi dengan hati-hati menjadi irisan inci, dan atur dengan rapi di dasar mangkuk tahan panas yang dangkal. Dalam wajan, tambahkan satu sendok makan minyak dan gula. Masak gula hingga meleleh dan berubah warna menjadi karamel. Tambahkan jahe cincang dan masak selama 30 detik. Kemudian tambahkan sayuran yang diawetkan, dan aduk selama beberapa menit. Tambahkan sisa kecap asin gelap, kecap asin ringan, anggur Shaoxing, dan kaldu ayam. Didihkan lalu matikan api.

  • Sendokkan campuran sayuran yang diawetkan di atas perut babi dalam mangkuk dan sebarkan secara merata untuk menutupi semua daging babi. Masukkan mangkuk ke dalam kukusan dan kukus selama 75 menit.

  • Keluarkan mangkuk dari pengukus dan tuangkan cairan berlebih ke dalam wajan dengan hati-hati (Anda akan menggunakan cairan ini untuk membuat saus). Bawa cairan ke didihkan perlahan, dan tambahkan bubur tepung jagung untuk mengentalkannya. Tutup mangkuk daging babi dengan piring saji Anda dan balikkan ke piring. Tuang saus di atas piring dan sajikan. Hidangan ini sangat lezat dengan semangkuk nasi putih!

fakta nutrisi

Kalori: 671kkal (34%) Karbohidrat: 7G (2%) protein: 13G (26%) Gemuk: 65G (100%) Lemak jenuh: 22G (110%) Lemak tak jenuh ganda: 8G Lemak tak jenuh tunggal: 31G Lemak trans: 1G Kolesterol: 82mg (27%) Sodium: 686mg (29%) Kalium: 517mg (15%) Serat: 1G (4%) Gula: 4G (4%) Vitamin A: 66IU (1%) Vitamin C: 1mg (1%) Kalsium: 25mg (3%) Besi: 1mg (6%)



Sumber :
NinjaQQ
BundaPoker
MulaiQQ