Fa Gao (Kue Kemakmuran Cina)

Oleh : ArenaQQ

Fa Gao Cina (fāgāo – ), juga dikenal sebagai kue kemakmuran atau kue keberuntungan, adalah pemandangan umum di sekitar Tahun Baru Imlek. Itu juga disajikan di hari libur lainnya, acara seremonial, dan pernikahan. Resep fa gao ini akan memandu Anda melalui cara membuatnya.

Akhirnya, Resep Fa Gao!

Ini adalah resep yang sudah lama saya renungkan—beberapa tahun sebenarnya. Ada banyak jenis fa gao dengan perbedaan regional.

Fa gao Kanton dibuat dengan tepung dan ragi, dan mirip dengan Ma Lai Go. Setelah banyak berdebat dengan diri sendiri, saya memutuskan untuk membuat sejenis fa gao yang terbuat dari nasi (dalam hal ini nasi putih berbiji pendek).

Resep ini menghasilkan kunyahan yang sangat enak, dengan aroma anggur beras manis yang tidak Anda dapatkan dari tepung. Saya pikir rasa anggur beras itu penting!

Kami juga menambahkan goji berry kering dan kismis, yang menambah rasa manis, meskipun ini opsional!

kismis kering dan goji berry

Tidak Perlu Bahan Khusus

Fa gao beras tradisional dibuat dengan ragi penyuling Cina untuk fermentasi, dan ini adalah proses multi-hari. Selain itu, ragi penyuling Cina mungkin sulit ditemukan di banyak tempat.

Saya mengembangkan resep ini dengan ragi kering aktif biasa dan beberapa pintasan agar dapat dicapai oleh semua orang, tanpa bahan khusus apa pun.

  • Saya telah menambahkan sedikit tepung dan ragi biasa untuk mempersingkat waktu fermentasi (dan ini adalah bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di rumah).
  • Ada baking powder dalam resep ini, yang memaksa kue untuk mengembang dan retak (tampilan khas fagao) selama proses pengukusan.
Resep Fa Gao Cina

Cara Mengukus Fa Gao

Menambahkan baking powder ke dalam campuran memungkinkan kue mekar selama proses pengukusan tanpa hari fermentasi. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan kenaikan yang cukup besar, atau dà fā (大发), yang merupakan simbol keberuntungan yang lebih besar. Bagian atas terbelah dan menyerupai bunga mekar atau kue “tersenyum”.

Saya melihat pasangan tua membuat fa gao di acara makanan, Gigitan Cina. Ada antisipasi besar untuk melihat seberapa tinggi fa gao mereka akan naik (sebagai indikasi kemakmuran untuk tahun baru). Ketika mereka mengeluarkan fa gao dari kapal, mereka berkata, “Fa gao tahun ini naik dengan baik!” Beri tahu kami seberapa tinggi fa gao Anda naik!

Kapal uap harus kecil. Mereka dapat berkisar dari cangkir teh tahan panas yang dangkal hingga kaleng tart atau panci muffin antilengket (asalkan mereka bisa duduk di kapal uap Anda). Pastikan untuk mengolesnya dengan minyak agar isian tidak lengket. Saya biasanya tidak menggunakan cangkir kertas muffin karena beberapa kue akhirnya menempel di cangkir. Ini sedikit boros!

Kue keberuntungan Fa Gao dikeluarkan dari cangkir
Seperti yang Anda lihat di atas, fa gao keluar dengan bersih dari cangkir teh yang kami gunakan untuk mengukus!

Hanya saja, jangan mengisi bejana terlalu banyak! Harus ada cukup ruang bagi mereka untuk bangkit dan mempertahankan bentuknya. Isi kaleng tart sekitar 80%, cangkir muffin sekitar 70%, atau cangkir teh kecil sekitar 80%.

Oke langsung saja kita ke resepnya.

Petunjuk Resep Fa Gao

Tambahkan nasi putih gandum pendek ke mangkuk sedang, dan tutup dengan 2 inci/5cm air. Tutup mangkuk dengan piring terbalik dan biarkan nasi terendam semalaman.

Perendaman beras putih gandum pendek dalam air

Larutkan ragi dan 1 sendok teh gula dalam air hangat, dan diamkan selama 15 menit sampai berbusa.

Ragi mekar dalam mangkuk putih kecil

Tiriskan beras, dan tambahkan ke blender bertenaga tinggi bersama dengan campuran ragi. Blender hingga halus. Kemudian tambahkan tepung dan sisa 1/3 cangkir gula. Blender lagi hingga tercampur rata dan adonan menyerupai adonan pancake tipis.

Campuran beras dan ragi campur

Pindahkan campuran ke mangkuk besar.

Memindahkan adonan fa gao ke mangkuk

Tutup dengan piring terbalik, dan biarkan campuran berfermentasi di tempat yang hangat selama sekitar 2 jam, atau sampai volumenya dua kali lipat. (Saya menempatkan milik saya dalam microwave tertutup dengan cangkir besar berisi air mendidih di sebelahnya.)

Olesi wadah kukusan Anda (cangkir teh kecil, kaleng tart, atau kaleng muffin) dengan sedikit minyak.

Meminyaki cangkir teh tahan panas

Campuran nasi akan terlihat sedikit berbuih dan mengembang.

adonan fa gao yang difermentasi

Masukkan garam, baking powder, dan pewarna makanan merah (jika menggunakan). Campur dengan baik untuk menggabungkan. Isi setiap wadah kukusan yang diminyaki sekitar 70% – 80% penuh, dan taburi dengan goji berry kering dan kismis (jika menggunakan). Sisihkan untuk beristirahat saat Anda memanaskan air di kapal uap (waktu istirahat yang singkat ini akan membantu memastikan kenaikan yang lebih baik).

adonan fa gao dalam cangkir teh dengan goji berry kering dan kismis di atasnya

Isi steamer Anda dengan setidaknya 3 inci/7,5 cm air. (Lihat posting kami tentang cara menyiapkan pengukus.) Panaskan dengan api sedang-tinggi sampai air mendidih.

Saat air di kukusan sudah mendidih, pindahkan kue ke kukusan. Tutup, dan kukus dengan api besar selama 25 menit. Jangan membuka tutupnya selama mengukus. Setelah 25 menit, matikan api dan biarkan kue di dalam kukusan selama 5 menit dengan penutup masih menyala.

Nikmati kue hangat. Simpan sisa kue dalam wadah kedap udara agar tidak mengering. Dinginkan atau bekukan, dan kukus untuk dipanaskan kembali.

Kue Kemakmuran Fa Gao Cina
Resep Fa Gao Cina

Fa Gao (Kue Kemakmuran Cina)

Fa Gao Cina (fāgāo – ), juga dikenal sebagai kue kemakmuran atau kue keberuntungan, adalah pemandangan umum di sekitar Tahun Baru Imlek. Itu juga disajikan di hari libur lainnya, acara seremonial, dan pernikahan. Resep fa gao ini akan memandu Anda melalui cara membuatnya.

Kue Kemakmuran Fa Gao Cina AKA Kue Keberuntungan

melayani: 6

instruksi

  • Tambahkan nasi ke mangkuk sedang, dan tutup dengan 2 inci/5 cm air. Tutup mangkuk dengan piring terbalik dan biarkan nasi terendam semalaman.

  • Larutkan ragi dan 1 sendok teh gula dalam air hangat, dan diamkan selama 15 menit sampai berbusa.

  • Tiriskan beras, dan tambahkan ke blender bertenaga tinggi bersama dengan campuran ragi. Blender hingga halus. Kemudian tambahkan tepung dan sisa 1/3 cangkir gula. Blender lagi hingga tercampur rata dan adonan menyerupai adonan pancake tipis. Pindahkan campuran ke mangkuk besar. Tutup dengan piring terbalik dan biarkan campuran berfermentasi di tempat yang hangat selama sekitar 2 jam, atau sampai volumenya dua kali lipat. (Saya menempatkan milik saya dalam microwave tertutup dengan cangkir besar berisi air mendidih di sebelahnya.)

  • Olesi wadah kukusan Anda (cangkir teh kecil, kaleng tart, atau kaleng muffin) dengan sedikit minyak. Campuran nasi akan terlihat sedikit berbuih dan mengembang. Masukkan garam, baking powder, dan pewarna makanan merah (jika menggunakan). Campur dengan baik untuk menggabungkan. Isi setiap wadah kukusan yang diminyaki sekitar 70% – 80% penuh, dan taburi dengan goji berry kering dan kismis (jika menggunakan). Sisihkan untuk beristirahat saat Anda memanaskan air di kapal uap (waktu istirahat yang singkat ini akan membantu memastikan kenaikan yang lebih baik).

  • Isi steamer Anda dengan setidaknya 3 inci/7,5 cm air. (Lihat posting kami tentang cara menyiapkan pengukus.) Panaskan dengan api sedang-tinggi sampai air mendidih.

  • Saat air di kukusan sudah mendidih, pindahkan kue ke kukusan. Tutup, dan kukus dengan api besar selama 25 menit. Jangan membuka tutupnya selama mengukus. Setelah 25 menit, matikan api dan biarkan kue di dalam kukusan selama 5 menit dengan penutup masih menyala.

Tips & Catatan:

Nikmati kue hangat. Simpan sisa kue dalam wadah kedap udara agar tidak mengering. Dinginkan atau bekukan, dan kukus untuk dipanaskan kembali.
Sebagian besar waktu persiapan tidak aktif (waktu perendaman beras, dan waktu fermentasi 2 jam).
Resep membuat 6 sampai 8 kue. (Informasi nutrisi untuk 1 kue, dengan asumsi Anda membuat 6.)

fakta nutrisi

Kalori: 218kkal (11%) Karbohidrat: 45G (15%) protein: 4G (8%) Gemuk: 3G (5%) Lemak jenuh: 1G (5%) Lemak tak jenuh ganda: 1G Lemak tak jenuh tunggal: 2G Lemak trans: 1G Sodium: 103mg (4%) Kalium: 211mg (6%) Serat: 2G (8%) Gula: 14G (16%) Vitamin C: 1mg (1%) Kalsium: 65mg (7%) Besi: 1mg (6%)



Sumber :
AmanQQ
Kristalpoker
LangitQQ