Daging Sapi Jeruk – Wajan Kehidupan

Oleh : WarungQQ

Resep daging sapi oranye ini (陈皮牛 – chén pí niú dalam bahasa Mandarin), dibuat dengan campuran rasa yang menarik dan kompleks.

Daging sapi goreng dangkal dilengkapi dengan jeruk segar dan kulit mandarin kering yang harum, bersama dengan aromatik seperti adas bintang, cabai merah kering, jahe, bawang putih, dan daun bawang.

Catatan: Postingan ini awalnya diterbitkan pada Desember 2013. Sejak itu kami telah menguji ulang dan memfotonya kembali, dan kami mempostingnya di sini dengan petunjuk yang lebih jelas, foto baru, dan pengukuran metrik. Kami juga menyertakan versi asli resep di bagian bawah postingan.

Apa itu Kulit Jeruk Kering Cina?

Kulit jeruk kering Cina yang beraroma memberikan rasa bintang dari hidangan ini (itulah sebabnya kadang-kadang disebut “daging sapi kulit jeruk”).

Kulit jeruk Mandarin kering (陈皮 – chén pí), diproduksi di Cina menggunakan berbagai jeruk asam yang ditanam hanya untuk kulitnya.

Kulit jeruk keprok kering

Produsen memanen jeruk, membuang kulitnya, dan kemudian menjemurnya dan mengemasnya untuk disimpan di rak selama bertahun-tahun.

Puritan memperlakukan kulit mandarin yang sudah tua seperti teh atau anggur, dan mereka mengklaim bahwa mereka hanya menjadi lebih beraroma seiring bertambahnya usia.

Dimana saya bisa mendapatkan kulit jeruk mandarin kering?

Anda dapat menemukan kulit mandarin kering di toko bahan makanan Cina yang lengkap. Mereka memiliki rasa yang kuat dan unik yang sedikit pahit, dengan aroma jeruk.

Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa membuat kulit jeruk kering sendiri di rumah sebagai penggantinya. Sekaranglah waktunya untuk melakukannya—saat jeruk sedang musimnya!

(Anda sebenarnya bisa melakukannya dengan jeruk mandarin segar, jeruk keprok, atau jeruk clementine.)

Penting untuk dicatat bahwa Anda harus menggunakan kulit yang berkulit tipis. Jangan mencoba mengeringkan kulit jeruk biasa, karena rasanya tidak pekat, dan kulitnya terlalu tebal.

Apa itu Daging Sapi Jeruk Renyah?

Jadi mengapa hidangan ini terkadang disebut daging sapi jeruk renyah? Jawabannya ada pada olahan daging sapi.

Anda tidak hanya akan mengasinkan daging sapi, Anda juga akan mengeruknya dalam tepung jagung dan menggorengnya di wajan untuk membentuk kerak yang renyah.

Ini mirip dengan teknik yang kami gunakan dalam resep daging sapi Mongolia yang populer.

Saat diatapi dengan saus kulit jeruk Mandarin aromatik kami, daging sapi yang renyah menyerap saus dan menghasilkan perpaduan tekstur dan rasa yang menyenangkan.

daging sapi jeruk

Langsung ke resepnya!

Petunjuk Resep Daging Sapi Jeruk

Iris daging sapi melawan serat menjadi potongan-potongan berukuran 2 hingga 3 inci (5-7 cm), dengan ketebalan antara hingga inci (sekitar 0,5 cm).

Tambahkan daging sapi ke mangkuk sedang, bersama dengan air, tepung maizena, jus jeruk, minyak, saus tiram, soda kue, dan lima bubuk bumbu, jika menggunakan.

Marinasi selama 1 jam.

sepiring daging sapi yang diasinkan

Sementara itu, siapkan campuran saus.

Dalam mangkuk sedang, tambahkan air hangat dan gula. Aduk hingga gula larut. Kemudian tambahkan selai jeruk, jus jeruk, kecap asin, anggur Shaoxing, minyak wijen, dan lada putih.

Aduk untuk menggabungkan, dan sisihkan.

Saus daging sapi jeruk dan bahan lainnya

Masukkan cangkir tepung jagung ke dalam mangkuk atau piring yang dangkal. Keruk beberapa potong daging sapi yang diasinkan, singkirkan tepung jagung yang berlebih.

(Yang terbaik adalah mengeruk daging sapi tepat sebelum menambahkannya ke minyak goreng panas—lihat langkah berikutnya).

pengerukan irisan daging sapi dalam tepung jagung di atas piring putih

Panaskan cangkir minyak sayur di wajan Anda dengan api besar, aduk untuk pemanasan yang merata, sampai mulai berasap.

Sebarkan beberapa irisan daging sapi secara merata di wajan.

Irisan daging sapi keruk yang digoreng dalam minyak dalam wajan

Bakar daging sapi secara bertahap (setiap potongan daging sapi harus bersentuhan dengan minyak) selama 45 detik hingga 1 menit di setiap sisi, sampai kecoklatan.

Irisan daging sapi kecoklatan dalam wajan

Tiriskan minyak berlebih dari daging sapi, dan keluarkan potongan dari wajan. Ulangi secara bertahap sampai Anda memasak semua daging sapi. Menyisihkan.

Daging sapi goreng mengering di sisi wajan

Dalam panci, didihkan 4 gelas air dan tambahkan sendok teh garam dan sendok makan minyak.

Tambahkan brokoli, dan masak selama 45 detik (atau beberapa detik lebih lama jika Anda suka brokoli Anda lebih lembut).

Tiriskan dan atur brokoli di pinggiran piring saji Anda.

(Jika mau, Anda juga bisa menambahkan brokoli ke dalam saus nanti bersama daging sapi.)

Memucat kuntum brokoli

Kembali ke wajan Anda. Keluarkan minyak goreng berlebih, sisakan 1 sendok makan. Di atas api sedang-rendah, tambahkan irisan jahe, cabai kering, kulit jeruk kering, dan adas bintang.

Jahe, kulit jeruk kering, cabai kering, dan adas bintang dalam wajan

Tip!

Bagi Anda yang menyukai rasa kuat dari kulit jeruk kering seperti saya, Anda dapat memecah kulitnya menjadi potongan-potongan kecil dan mendapatkan beberapa di setiap gigitan daging sapi!

Aduk untuk mengkaramelkan jahe dan memanggang adas bintang dan cabai kering—sekitar 30 hingga 60 detik.

Tambahkan bawang putih dan daun bawang, tumis lagi selama 30 detik.

Daun bawang, bawang putih, jahe, cabai kering, kulit jeruk kering, dan adas bintang dalam wajan

Lalu tuang sausnya.

Menambahkan campuran saus ke aromatik di wajan

Tingkatkan api ke sedang-tinggi untuk membawa saus mendidih. Setelah mendidih, aduk perlahan larutan tepung maizena, dan masak hingga saus cukup mengental untuk melapisi sendok.

Mengaduk bubur tepung maizena ke dalam saus untuk mengentalkannya

Masukkan daging sapi (dan brokoli jika Anda lebih suka diaduk ke dalam saus).

Menambahkan daging sapi ke saus jeruk di wajan

Taruh di piring saji dan sajikan segera.

Daging Sapi Jeruk Cina

daging sapi jeruk

Resep daging sapi jeruk Cina ini penuh dengan rasa yang kompleks, dari kulit jeruk kering hingga sedikit rasa pedas dari cabai kering.

Daging Sapi Jeruk Cina

melayani: 4

Bahan

Untuk sisa hidangan?

instruksi

  • Iris daging sapi melawan serat menjadi potongan-potongan berukuran 2 hingga 3 inci (5-7 cm), dengan ketebalan antara hingga inci (sekitar 0,5 cm). Tambahkan daging sapi ke mangkuk sedang, bersama dengan air, tepung maizena, jus jeruk, minyak, saus tiram, soda kue, dan lima bubuk bumbu, jika menggunakan. Marinasi selama 1 jam.

  • Dalam mangkuk sedang, tambahkan air hangat dan gula. Aduk hingga gula larut. Kemudian tambahkan selai jeruk, jus jeruk, kecap asin, anggur Shaoxing, minyak wijen, dan lada putih. Aduk untuk menggabungkan, dan sisihkan.

  • Masukkan cangkir tepung jagung ke dalam mangkuk atau piring yang dangkal. Keruk beberapa potong daging sapi yang diasinkan, singkirkan tepung jagung yang berlebih. (Yang terbaik adalah mengeruk daging sapi tepat sebelum menambahkannya ke minyak goreng panas—lihat langkah berikutnya).

  • Panaskan cangkir minyak sayur di wajan Anda dengan api besar, aduk untuk pemanasan yang merata, sampai mulai berasap. Sebarkan beberapa irisan daging sapi secara merata di wajan. Bakar daging sapi secara bertahap (setiap potongan daging sapi harus bersentuhan dengan minyak) selama 45 detik hingga 1 menit di setiap sisi, sampai kecoklatan. Tiriskan minyak berlebih dari daging sapi, dan keluarkan potongan dari wajan. Ulangi secara bertahap sampai Anda memasak semua daging sapi. Menyisihkan.

  • Dalam panci, didihkan 4 gelas air dan tambahkan sendok teh garam dan sendok makan minyak. Tambahkan brokoli, dan masak selama 45 detik (atau beberapa detik lebih lama jika Anda suka brokoli Anda lebih lembut). Tiriskan dan atur brokoli di pinggiran piring saji Anda. (Jika mau, Anda juga bisa menambahkan brokoli ke dalam saus nanti bersama daging sapi.)

  • Kembali ke wajan Anda. Keluarkan minyak goreng berlebih, sisakan 1 sendok makan. Di atas api sedang-rendah, tambahkan irisan jahe, cabai kering, kulit jeruk kering, dan adas bintang. Aduk untuk mengkaramelkan jahe dan memanggang adas bintang dan cabai kering—sekitar 30 hingga 60 detik. Tambahkan bawang putih dan daun bawang, tumis lagi selama 30 detik.

  • Aduk saus dan naikkan api ke sedang-tinggi untuk membawa saus mendidih. Setelah mendidih, aduk perlahan larutan tepung maizena, dan masak hingga saus cukup mengental untuk melapisi sendok.

  • Masukkan daging sapi (dan brokoli jika Anda lebih suka diaduk ke dalam saus). Taruh di piring saji dan sajikan segera.

fakta nutrisi

Kalori: 306kkal (15%) Karbohidrat: 24G (8%) protein: 21G (42%) Gemuk: 14G (22%) Lemak jenuh: 3G (15%) Lemak tak jenuh ganda: 3G Lemak tak jenuh tunggal: 8G Lemak trans: 1G Kolesterol: 51mg (17%) Sodium: 1221mg (51%) Kalium: 554mg (16%) Serat: 2G (8%) Gula: 9G (10%) Vitamin A: 598IU (12%) Vitamin C: 54mg (65%) Kalsium: 56mg (6%) Besi: 2mg (11%)

VERSI LAMA RESEP INI

Jika Anda mencari versi asli resep ini dari tahun 2013, ini dia di bawah ini!

Sepiring daging sapi oranye

Untuk mengasinkan daging sapi:

  • 12 ons. steak sayap
  • 2 sendok teh minyak
  • 1/8 sendok teh bubuk lima rempah
  • 1 sendok teh selai jeruk
  • sendok teh garam
  • sendok teh soda kue (pelunak opsional)
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 3 sendok makan tepung

Untuk merakit:

  • 3 cangkir kuntum brokoli
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan air
  • Secangkir kaldu sapi
  • 1 sendok makan anggur Shaoxing
  • 1 sendok makan kecap asin ringan
  • 1 sendok teh kecap hitam
  • sendok teh garam
  • sendok teh gula pasir
  • sendok teh lada putih
  • 2 sendok makan minyak
  • 7 cabai merah utuh kering
  • 5 buah kulit jeruk mandarin atau jeruk keprok kering
  • adas bintang 1
  • 1 siung bawang putih (cincang)
  • cangkir irisan paprika merah
  • 1 sendok teh kulit jeruk

instruksi

Iris daging sapi menjadi potongan 2 hingga 3 inci, masing-masing setebal 1/2 inci. Tempatkan daging sapi di antara lapisan bungkus plastik dan pukul dengan rolling pin sampai setebal inci. Campurkan 2 sendok teh minyak, lima bubuk rempah-rempah, selai jeruk, garam, soda kue dan tepung jagung dan rendam daging sapi dalam campuran. Selanjutnya, gulingkan daging sapi ke dalam tepung.

Rebus brokoli selama sekitar 20 detik dan bilas dengan air dingin. Tiriskan dan sisihkan. Campur satu sendok makan tepung maizena dengan satu sendok makan air dan sisihkan juga. Dalam mangkuk lain, aduk bersama kaldu sapi, anggur, kedelai terang dan gelap, garam, gula, dan lada putih.

Selanjutnya, panaskan wajan di atas api besar sampai sedikit berasap. Tambahkan satu sendok makan minyak untuk melapisi wajan dan goreng irisan daging sapi selama satu menit di setiap sisinya. Keluarkan daging sapi dari wajan. Panaskan kembali wajan di atas api sedang dan tambahkan satu sendok makan minyak lagi, cabai kering kering, kulit jeruk dan adas bintang. Biarkan aromatik meresap ke dalam minyak selama satu menit dan tambahkan bawang putih cincang dan paprika. Dengan cepat, tuangkan campuran kaldu dan biarkan mendidih. Perlahan tambahkan bubur tepung jagung Anda sampai sausnya cukup kental untuk melapisi sendok.

Tambahkan kulit jeruk, daging sapi, dan kuntum brokoli yang sudah direbus dan aduk rata sampai semuanya terlapisi. Tambahkan lebih banyak kaldu jika campurannya terlalu kental dan tambahkan lebih banyak larutan tepung maizena dari saus yang terlalu encer. Piring dan sajikan di atas nasi!



Sumber :
YakinQQ
BundaPoker
DatukQQ