Bagaimana Menjadi Orang Paling Terorganisir yang Anda Kenal

Oleh : BerkahPoker

Apakah Anda pernah berharap Anda bisa menjadi sedikit (atau banyak) lebih terorganisir?

Saya pikir jauh di lubuk hati, kebanyakan dari kita memiliki gambaran tentang orang yang kita inginkan dalam hal pengorganisasian.

Anda tahu siapa yang saya bicarakan, kan? Wanita yang mengetahui semuanya itu.

Rumahnya selalu bersih. Ini juga merupakan perpaduan sempurna antara gaya dan nyaman. Tagihannya dibayar tepat waktu. Surat-suratnya selalu diurus. Dia benar-benar di atas jadwalnya dan selalu menyelesaikan daftar tugas tepat waktu untuk menghabiskan akhir pekannya mengerjakan “proyek khusus”.

Dekorasi Natalnya selalu dikemas rapi pada Malam Tahun Baru, dan dapurnya yang diberi label dengan hati-hati akan membuat Martha Stewart sendiri iri. Dia sudah memikirkan rencana makannya untuk tiga minggu ke depan, dia ingat untuk mengirim catatan terima kasih, dan cuciannya selalu selesai.

Dan jangan biarkan aku memulai kartu liburannya. Sempurna, menggemaskan, dan tepat waktu. Setiap. Lajang. Tahun.

Mendesah.

Apakah kamu tidak membenci dia, bahkan seperti yang kamu inginkan menjadi dia?

Karena terlepas dari niat terbaik Anda, Anda jarang merasa telah mengetahui semuanya.

Anda sepertinya tidak bisa mengikuti pekerjaan rumah. Mendapatkan makan malam di atas meja hampir selalu merupakan perjuangan. Anda memiliki tumpukan surat dan dokumen yang menumpuk di konter, sementara tumpukan cucian Anda terus berlipat ganda di belakang Anda.

Anda terus melewatkan tenggat waktu dan sementara tidak ada yang benar-benar menjadi bencana sejauh ini, Anda terkadang terbangun dengan panik di tengah malam bahwa suatu hari nanti Anda akan melupakan sesuatu. Betulkah penting, dan Anda tidak akan dapat memperbaikinya.

Pagi Anda benar-benar kacau. Daftar tugas Anda adalah kombinasi yang tersebar dari catatan tempel dan tornado mini yang berputar-putar di otak Anda. Anda memiliki lebih dari satu lemari yang Anda takuti untuk dibuka, dan Anda terus berpikir bahwa pada titik tertentu, semuanya harus bersatu dan tenang, tetapi hari ini bukan hari itu.

Bagaimana Menjadi orang yang paling terorganisir yang Anda kenal

Jadi apa solusinya? Bagaimana Anda mendamaikan dua versi diri Anda itu—orang terorganisir yang Anda inginkan, versus gadis yang kurang menarik—yang telah mengenakan celana yoga yang sama selama tiga hari berturut-turut—yang saat ini menatap Anda kembali di cermin?

Apakah ada harapan? Apakah itu benar-benar mungkin? sebenarnya menjadi lebih terorganisir, dan tidak hanya berharap Anda bisa?

saya katakan ya.

Sebenarnya, saya benar-benar percaya Anda bisa menjadi orang yang paling terorganisir yang Anda kenal, hanya dengan membuat beberapa perubahan kecil tapi penting dalam cara Anda mendekati kehidupan rumah tangga Anda.

Tapi ada tangkapan. (Anda tahu pasti ada, kan?)

Kamu tidak bisa melakukan semuanya, setidaknya tidak baik.

Anda harus memutuskan tugas mana yang paling penting bagi Anda, dan mana yang kurang penting, lalu beri diri Anda izin untuk setengah-setengah mengerjakan hal-hal yang kurang penting (atau lebih baik lagi, jangan lakukan sama sekali!)

Dan coba tebak apa lagi? Anda harus membuat keputusan ini UNTUK DIRI SENDIRI—tidak ada yang bisa melakukan ini untuk Anda. Tidak ada orang lain yang dapat menentukan prioritas ANDA, sebanyak yang mereka inginkan.

Jadi mari kita praktis dan berbicara tentang bagaimana benar-benar mewujudkannya. Berikut adalah 4 langkah untuk menjadi orang yang paling terorganisir yang Anda kenal.

LANGKAH 1: Menilai

Atur timer selama 20 menit untuk melakukan brain dump dari semua yang ada di piring Anda sekarang.

Pastikan untuk memasukkan semua tanggung jawab rumah tangga Anda—baik hal-hal yang sedang Anda lakukan saat ini maupun hal-hal yang membuat Anda merasa bersalah karena tidak melakukannya. Sertakan tanggung jawab pekerjaan, tugas & tanggung jawab terkait anak, tanggung jawab terkait pasangan atau pasangan, dan kemudian tujuan besar apa pun yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri atau proyek yang ingin Anda kerjakan. Keluarkan saja semuanya.

Selanjutnya, luangkan waktu tambahan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa sumber stres atau kecemasan terbesar Anda saat ini?
  • Hal apa yang paling Anda senangi atau senangi saat ini?
  • Jika Anda bisa melambaikan tongkat ajaib dan mengambil satu hal dari piring Anda selamanya, apakah itu, dan mengapa?
  • Apa yang Anda harap Anda bisa menghabiskan LEBIH BANYAK waktu untuk melakukannya?
  • Apakah ada sesuatu yang Anda tahu dapat Anda hilangkan dari daftar Anda, baik dengan melepaskannya atau dengan mengalihdayakannya ke orang lain?
  • Bagian mana dari hidup Anda yang terasa paling teratur saat ini? Bagian mana yang terasa paling tidak teratur?

Sebaiknya tuliskan pemikiran Anda daripada hanya menjawabnya di kepala Anda—ada sesuatu tentang proses membuat jurnal refleksi Anda yang akan membantu Anda menggali lebih dalam dan lebih jelas tentang tempat terbaik untuk memfokuskan waktu dan energi Anda.

Jadi itulah langkah pertama—nilai realitas Anda saat ini.

Bagaimana menjadi orang yang paling terorganisir yang Anda kenal

LANGKAH 2: Prioritaskan

Setelah Anda meluangkan waktu untuk menyadari apa yang sebenarnya terjadi, Anda harus jujur ​​pada diri sendiri tentang apa yang paling penting dan menetapkan prioritas Anda.

Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ada begitu banyak hal yang menghalangi untuk mengakui apa yang paling penting bagi ANDA, apakah itu perasaan berkewajiban kepada orang lain, perasaan bersalah atas hal-hal yang menurut Anda paling penting bagi Anda (bahkan jika tidak. ), kecenderungan untuk membandingkan diri kita dengan orang lain, atau ketidakmampuan untuk fokus pada apa pun kecuali api apa pun yang terasa paling mendesak sekarang.

Sangat penting untuk memulai proses penentuan prioritas dengan menyadari semua hal yang dapat menghalangi kejujuran pada diri sendiri. Ingatlah bahwa daftar prioritas Anda adalah milik ANDA SENDIRI. Anda tidak diharuskan untuk membagikannya. Anda tidak diharuskan untuk membenarkannya. Ini hanya untukmu.

Jadi, dengan mengingat hal itu, dan dengan hasil penilaian diri Anda yang segar dalam pikiran Anda, langkah Anda selanjutnya adalah memberi semua yang ada di daftar Anda nomor dalam urutan kepentingannya bagi Anda, dan ingat bahwa satu-satunya aturan adalah bahwa ada menjadi NO ikatan. Anda harus memaksa otak Anda untuk benar-benar memprioritaskan dan memilih hal-hal yang paling penting.

Setelah Anda memberikan semua nomor, tulis ulang daftar Anda dalam urutan prioritas untuk Anda dan luangkan waktu untuk benar-benar memeriksanya. Apakah ada yang mengejutkan Anda tentang daftar ini? Hal-hal apa yang ada di bagian atas daftar Anda? Benda apa saja yang ada di bawah? Apakah ada semacam tema umum?

Jika Anda lebih menyukai orang visual, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk melingkari atau menyorot berbagai jenis tugas dalam kategori berbeda untuk melihat apakah ada tema umum yang muncul pada Anda. Apakah pekerjaan rumah tangga semua di bawah atau semua di atas? Apakah ada tugas-tugas tertentu yang lebih penting daripada yang lain? Kategori apa yang dinilai paling rendah?

Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan kategori mana yang paling penting bagi ANDA akan membuatnya lebih mudah untuk memfokuskan waktu dan energi Anda pada hal-hal yang akan memiliki dampak terbesar pada perasaan Anda untuk lebih terorganisir dan terkendali.

Jadi prioritaskan daftar tugas Anda dan cari tahu apa yang paling penting bagi Anda—itulah langkah 2.

LANGKAH 3: Triase

Pernah ke ruang gawat darurat? Triage adalah proses memilah pasien berdasarkan urgensi kebutuhannya. Dengan cara yang sama, triase untuk daftar tugas Anda adalah proses menangani kebutuhan Anda yang benar-benar kritis dan mendesak terlebih dahulu menciptakan solusi jangka panjang untuk mendapatkan dan tetap teratur.

Ini memberi diri Anda pelampung untuk menghentikan tenggelam sebelum Anda mencoba membuat perahu.

Bagi Anda, itu berarti menangani kebutuhan paling penting dan mendesak di daftar Anda terlebih dahulu—membuat kemajuan nyata pada beberapa penyebab stres dan titik nyeri terbesar Anda sebelum mencoba menyelami dan memperbaiki seluruh hidup Anda dalam satu gerakan.

Prinsip Pareto—juga dikenal sebagai hukum 80/20—mengatakan bahwa untuk setiap usaha dalam hidup, 80% dari hasil kita akan datang dari 20% tindakan kita.

Saya sangat menyarankan untuk menerapkan prinsip itu pada daftar di depan Anda. Pertama, bagi jumlah total item di daftar Anda dengan 5, yang akan memberi tahu Anda berapa banyak item yang ada di 20% teratas Anda. Misalnya, jika Anda memiliki 20 item, maka 20/5 = 4, yang berarti empat item pertama dalam daftar Anda adalah 20% teratas Anda.

Kemudian tulis sendiri daftar BARU dengan HANYA 20% item teratas di dalamnya, masih dalam urutan prioritas. Letakkan daftar lainnya di tempat yang aman di mana Anda dapat kembali ke sana nanti. INI adalah daftar tugas Anda untuk minggu depan.

Dan inilah intinya—ini adalah HANYA daftar tugas Anda untuk minggu depan.

Selama 7 hari ke depan, izinkan diri Anda untuk fokus dan menyelesaikan HANYA hal-hal yang telah Anda tentukan sebagai prioritas terbesar dan tugas terpenting Anda. Tidak hanya itu, beri diri Anda izin untuk melepaskan rasa bersalah atas hal-hal yang Anda tinggalkan dari daftar. Jika itu berarti makan McDonalds setiap hari, baiklah. Jika itu berarti Anda tidak mencuci pakaian sepanjang minggu, baiklah. Jika itu berarti Anda melanggar beberapa komitmen lain, baiklah.

Pada dasarnya, beri diri Anda izin, hanya untuk minggu ini, untuk FOKUS.

Karena inilah masalahnya—hidup memiliki cara untuk menarik Anda ke banyak arah sekaligus. Anda dapat dengan mudah terjebak dalam kekacauan, mencoba untuk fokus pada segala sesuatu sehingga Anda akhirnya tidak mencapai apa-apa.

Ketika Anda benar-benar fokus hanya pada hal-hal yang PALING penting, Anda akan benar-benar membuat kemajuan jauh lebih banyak daripada jika Anda berputar-putar mencoba memberikan perhatian yang sama pada SEMUA hal.

Jadi, beri diri Anda 7 hari triase untuk menangani 20% teratas dari daftar Anda—itulah langkah 3.

LANGKAH 4: Kembangkan Sistem Rumah

Setelah Anda menyelesaikan triase Anda, yang diharapkan akan menciptakan sedikit lebih banyak ruang bernapas di otak Anda, inilah saatnya untuk mulai memikirkan solusi jangka panjang untuk mengatur (dan tetap) teratur dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Menempatkan sistem sederhana di rumah Anda akan membantunya berjalan seperti mesin yang diminyaki dengan baik, dan penting untuk memiliki sistem yang berfungsi untuk situasi spesifik Anda, sehingga berfungsi untuk Anda tidak melawan Anda!

Pada akhirnya, Anda akan ingin menciptakan sistem dalam empat bidang utama kehidupan rumah tangga Anda—kebiasaan dan rutinitas Anda, menjaga kerapian, menyederhanakan waktu makan, dan menguasai uang.

Ini termasuk mengembangkan sistem yang akan membantu Anda:

  • ciptakan dan pertahankan kebiasaan dan rutinitas yang lebih baik
  • buat rencana makan yang cocok untuk Anda
  • menguasai menjaga rumah yang teratur dan rapi tanpa menghabiskan waktu berjam-jam untuk tugas-tugas, dan
  • membantu Anda merasa mengendalikan uang Anda dan mengembangkan anggaran yang dapat dikelola.

Menetapkan sistem yang sederhana, mudah diterapkan, dan mudah dirawat di setiap area ini akan membantu Anda membebaskan waktu dan energi yang berharga untuk semua hal yang benar-benar ingin Anda lakukan, bukan daripada menghabiskan berjam-jam memasak dan membersihkan atau membayar tagihan.

Tentu saja, itu menimbulkan pertanyaan, bukan—sistem apa yang harus Anda terapkan terlebih dahulu?

Sejujurnya—itu sepenuhnya tergantung pada Anda dan prioritas Anda sendiri, serta sumber stres terbesar Anda saat ini. Berdasarkan pertanyaan yang Anda jawab di Langkah 1, bagian mana dari hidup Anda yang paling diuntungkan dengan memiliki sistem yang lebih baik?

Jika Anda tidak yakin, ambil gratis kami Penilaian Sistem Rumah untuk menentukan Zona Kewalahan pribadi Anda—dan area kehidupan rumah tangga Anda, kami sarankan agar Anda bekerja terlebih dahulu.

LANGKAH BERIKUTNYA & SUMBER TAMBAHAN

Siap untuk mengambil tindakan? Di sini, di Living Well Spending Less®, kami memiliki beberapa sumber daya yang luar biasa untuk mengembangkan dan memelihara sistem rumah yang sederhana namun kuat di setiap area kehidupan Anda.

  1. Pertama, periksa kami Kotak Alat Sistem Rumah, seluruh perpustakaan digital alat dan sumber daya untuk mengatur setiap aspek kehidupan rumah Anda.
  2. Bergabunglah dengan daftar tunggu untuk Akademi Hidup Sehat, program khas kami yang dirancang untuk membawa Anda dari stres dan kewalahan menjadi tenang, bahagia, dan mengendalikan sistem rumah Anda hanya dalam empat minggu.

PIN UNTUK KEMUDIAN:



Sumber :
AsikQQ
Kristalpoker
LangitQQ