Ayam Goreng Taiwan – Wajan Kehidupan

Oleh : PakarQQ

Ayam goreng Taiwan ini (台湾盐酥鸡 – táiwān yán sū jī) memiliki semua ciri ayam goreng yang enak: berair, renyah, dan membuat ketagihan. Fakta bahwa potongannya seukuran gigitan adalah nilai tambah.

Ini adalah jajanan pinggir jalan yang populer di Taiwan, dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam mulut Anda dan dinikmati saat Anda berjalan-jalan. Anda membutuhkan tepung ubi jalar untuk membuat lapisan khas ayam ini!

Tips Resep Sebelum Anda Mulai

Berikut adalah beberapa petunjuk!

  • Pastikan untuk memotong ayam menjadi potongan-potongan 1 inci, karena mempengaruhi waktu menggoreng dan tekstur keseluruhan.
  • Idealnya, rendam ayam semalaman untuk memaksimalkan rasa.
  • Jika Anda membilas ayam (pastikan untuk membersihkan wastafel dan permukaan dapur jika Anda melakukannya), Anda tidak perlu mengeringkan ayam. Sedikit air selain bumbu marinade akan membuat ayam lebih juicy.
  • Adapun kemangi Thailand, jika Anda tidak dapat menemukannya, itu bukan dealbreaker. Anda dapat membuat resep tanpa itu. Saya telah menemukan bahwa kemangi Thailand tidak benar-benar menambah banyak rasa.
  • Carilah tepung ubi jalar, yang memiliki tekstur lebih kasar daripada tepung jagung atau tepung kentang biasa. Ini akan membuat lapisannya renyah!
Paket tepung ubi jalar

Ayam Goreng Taiwan: Petunjuk Resep

Dalam mangkuk sedang, gabungkan potongan ayam dengan bawang putih, kecap asin, anggur Shaoxing, gula, bubuk lima rempah, lada putih, dan garam. Tutup dan rendam di lemari es selama minimal 2 jam, atau idealnya semalaman.

Potongan ayam di marinade

Buat adonan sesaat sebelum digoreng. Dalam mangkuk sedang, gabungkan tepung, air, tepung ubi jalar, baking powder, garam, dan lada putih.

Aduk campuran adonan dengan sumpit dalam mangkuk putih

Campurkan adonan ke dalam ayam yang sudah dimarinasi.

Ayam babak belur

Jika menggunakan, cuci daun kemangi Thailand, dan jalankan melalui pemintal salad untuk mengeringkannya. Tepuk-tepuk sampai kering di atas handuk dapur untuk menghilangkan kelembapan yang tersisa (atau bisa menyebabkan minyak goreng berceceran). Menyisihkan.

Sekelompok Basil Thailand

Tambahkan 2 inci minyak ke panci sedang, dan bawa ke 350 ° F/175 ° C di atas api sedang. Anda mungkin perlu menyesuaikan panas untuk menjaga suhu minyak pada 350 °F/175 °C selama menggoreng.

Pertama, goreng daun kemangi sampai berubah warna menjadi hijau tua. Saring dan sisihkan.

Menggoreng Basil Thailand

Lapisi setiap potongan ayam babak belur dalam tepung ubi jalar, dan segera turunkan ke dalam minyak 350 ° F/175 ° C dalam batch (sekitar seperempat hingga sepertiga dari ayam per batch).

Melapisi Ayam Adonan dengan Tepung Ubi Jalar
Mengeruk ayam babak belur dalam tepung ubi jalar kasar

Jangan melapisi ayam terlebih dahulu, atau lapisannya akan menjadi lembek. Goreng selama 1 menit. Angkat ayam dari minyak, sisihkan, dan lanjutkan menggoreng batch berikutnya, masing-masing selama 1 menit.

Minyak goreng bergelembung panas

Sekarang saatnya menggoreng kedua. Dengan suhu masih pada 350 °F/175 °C, goreng adonan lagi (dalam urutan yang sama saat Anda menggorengnya)—kali ini, selama 2 menit, hingga potongan mengapung ke permukaan dan renyah.

Keluarkan ayam dari minyak goreng

Setelah penggorengan kedua selesai, taburi dengan tambahan garam dan lada putih secukupnya, dan sajikan dengan daun kemangi Thailand, jika menggunakan.

Ayam Goreng Taiwan
Ayam Goreng Taiwan

Ayam Goreng Taiwan

Ayam goreng Taiwan ini (台湾盐酥鸡 – táiwān yán sū jī), makanan jalanan yang populer (atau hidangan pembuka pesta!), berair, renyah, dan membuat ketagihan.

Ayam Goreng Taiwan

melayani: 4

Bahan

Untuk ayam & bumbunya:

instruksi

  • Dalam mangkuk sedang, gabungkan potongan ayam dengan bawang putih, kecap asin, anggur Shaoxing, gula, bubuk lima rempah, lada putih, dan garam. Tutup dan rendam di lemari es selama minimal 2 jam, atau idealnya semalaman.

  • Buat adonan sesaat sebelum digoreng. Dalam mangkuk sedang, gabungkan tepung, air, tepung ubi jalar, baking powder, garam, dan lada putih. Masukkan campuran adonan ini ke dalam ayam yang sudah diasinkan.

  • Jika menggunakan, cuci daun kemangi Thailand, dan jalankan melalui pemintal salad untuk mengeringkannya. Tepuk-tepuk sampai kering di atas handuk dapur untuk menghilangkan kelembapan yang tersisa (atau bisa menyebabkan minyak goreng berceceran). Menyisihkan.

  • Tambahkan 2 inci minyak ke panci sedang, dan bawa ke 350 ° F/175 ° C di atas api sedang. Anda mungkin perlu menyesuaikan panas untuk menjaga suhu minyak pada 350 °F/175 °C selama menggoreng.

  • Pertama, goreng daun kemangi sampai berubah warna menjadi hijau tua. Saring dan sisihkan.

  • Lapisi setiap potongan ayam babak belur dalam tepung ubi jalar, dan segera turunkan ke dalam minyak 350 ° F/175 ° C dalam batch (sekitar seperempat hingga sepertiga dari ayam per batch). Jangan melapisi ayam terlebih dahulu, atau lapisannya akan menjadi lembek. Goreng selama 1 menit. Keluarkan ayam dari minyak, sisihkan, dan lanjutkan menggoreng batch berikutnya, selama 1 menit untuk setiap batch.

  • Sekarang saatnya menggoreng kedua. Dengan suhu masih pada 350 °F/175 °C, goreng adonan lagi (dalam urutan yang sama saat Anda menggorengnya)—kali ini, selama 2 menit, hingga potongan mengapung ke permukaan dan renyah.

  • Setelah penggorengan kedua selesai, taburi dengan tambahan garam dan lada putih secukupnya, dan sajikan dengan daun kemangi Thailand, jika menggunakan.

fakta nutrisi

Kalori: 335kkal (17%) Karbohidrat: 44G (15%) protein: 27G (54%) Gemuk: 5G (8%) Lemak jenuh: 1G (5%) Lemak tak jenuh ganda: 1G Lemak tak jenuh tunggal: 2G Lemak trans: 1G Kolesterol: 108mg (36%) Sodium: 669mg (28%) Kalium: 814mg (23%) Serat: 3G (12%) Gula: 2G (2%) Vitamin A: 345IU (7%) Vitamin C: 3mg (4%) Kalsium: 79mg (8%) Besi: 2mg (11%)



Sumber :
AmanQQ
JokerQQ
MakmurQQ