Apakah peringkat keterbacaan? Tentang kemudahan membaca dan SEO • Yoast


Apakah layak Anda membuat teks Anda mudah dibaca? Apakah itu akan mengarah ke peringkat yang lebih tinggi dan lebih banyak lalu lintas? Dalam istilah yang lebih sederhana: Apakah peringkat keterbacaan? Di Yoast, kami yakin bahwa menulis dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dapat dan akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung. Kami bahkan telah mengembangkan alat untuk membantu orang menulis teks yang dapat dibaca. Dalam posting ini, kami akan menjelaskan mengapa mesin pencari menyukai salinan yang mudah dipahami dan kami akan memberikan tips tentang cara membuatnya.

Kiat: Bergabunglah dengan lokakarya keterbacaan gratis kami pada 23 September!

Anda akan meninggalkan lokakarya dengan blog baru atau yang lebih baik. Bersama dengan CEO kami Marieke, Anda akan melakukan sesi 30 menit, berupaya membuat konten Anda dapat dibaca. Plus siapkan semua pertanyaan Anda untuk Q&A!

Salinan yang ditulis dengan baik meningkatkan pengalaman pengguna

Dengan risiko menyatakan yang sudah jelas: salinan yang tidak dapat dipahami membuat pengalaman pengguna yang buruk. Tidak ada yang suka membaca sesuatu yang sulit diikuti, membosankan, atau diisi dengan kata kunci. Semua salinan online Anda harus ditujukan dan fokus pada audiens Anda. Itu harus memberi mereka informasi yang mereka butuhkan, solusi untuk masalah mereka, atau jawaban atas pertanyaan mereka.

Untuk mendapatkan halaman Anda tinggi di Google, insting Anda mungkin menulis teks yang akan mudah dimengerti oleh mesin pencari. Yang belum tentu salah. Tapi, pertama dan terpenting, Anda harus membuat halaman yang memberikan salinan hebat (dan pengalaman hebat) bagi pengunjung Anda. Ini sangat cocok dengan visi kami tentang SEO holistik. Jika Anda menulis teks yang sulit dimengerti, orang tidak akan menemukan apa yang mereka butuhkan. Terlebih lagi, Anda akan berakhir dengan pengunjung yang tidak puas yang langsung kembali ke Google saat mereka mengunjungi situs Anda. Google menganalisis sinyal pengguna seperti itu untuk menentukan pengalaman pengunjung situs Anda.

Mesin pencari meniru manusia

Dulu ada saat ketika memasukkan kata kunci dalam salinan Anda akan berhasil. Jika Anda cukup menyebutkan kata kunci dalam teks Anda, Google akan memberi peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut. Masa-masa itu sudah lama berlalu. Saat ini, Anda harus lebih berhati-hati dalam hal kepadatan kata kunci teks Anda.

Google menjadi jauh lebih baik dalam mengenali konten berkualitas. Misalnya, Google sekarang mengenali sinonim. Itu juga memahami kata, entitas, dan konten mana yang terkait satu sama lain. Selain itu, mesin pencari menjadi lebih baik dalam memprediksi apa yang ingin dibaca orang. Dari kata kunci dalam kueri penelusuran seseorang, mereka dapat memperkirakan maksud penelusurannya.

Secara keseluruhan, algoritma Google mencoba meniru manusia. Ia mencoba membaca teks seperti yang dilakukan manusia. Karena Google menjadi lebih mampu memahami dan memindai teks dengan cara seperti manusia, keterbacaan akan menjadi lebih penting untuk peringkat Anda.

Pencarian suara & aksesibilitas

Banyak orang menggunakan pencarian suara, jadi Google dan mesin pencari lainnya juga sangat fokus pada suara. Bayangkan sebuah paragraf panjang yang terdiri dari kalimat-kalimat yang berkelok-kelok dan mengandung banyak kata-kata sulit. Sekarang bayangkan paragraf itu dibacakan dengan lantang. Hasil suara akan menjadi tidak mungkin untuk dipahami. Google tidak ingin menggunakan jawaban seperti itu. Baik dalam pencarian suara atau dalam hasil normal. Itulah alasan lain mengapa keterbacaan akan membantu peringkat Anda. Google lebih menyukai teks yang mudah diikuti, juga saat dibacakan dengan keras menggunakan penelusuran suara.

Tetapi keterbacaan juga penting dalam hal aksesibilitas. Anda perlu ingat bahwa tidak semua orang yang mengunjungi halaman Anda akan mengalaminya dengan cara yang sama. Beberapa orang dengan gangguan penglihatan mungkin menggunakan pembaca layar untuk menelusuri konten Anda. Anda tidak ingin mereka meninggalkan halaman Anda karena teks Anda terlalu panjang. Tapi itu tidak semua. Sama seperti Google sendiri, mereka mengandalkan penggunaan heading yang tepat untuk memahami isi teks Anda. Ingatlah bahwa aksesibilitas itu penting, dan bukan hanya untuk SEO.

Apa yang membuat teks mudah dibaca?

Bagaimana orang membaca teks online? Tentu saja, kita semua ingin menulis teks yang akan dengan senang hati dibaca oleh pengunjung situs dari awal hingga akhir. Sayangnya, seringkali tidak demikian. Sebagian besar waktu, orang memindai teks, membaca subjudul dan kalimat pertama paragraf yang mereka anggap relevan. Mereka mencari kata-kata transisi untuk dengan cepat mengabstraksikan kesimpulan utama dari sebuah artikel.

Semua hal yang dilakukan orang saat membaca teks Anda adalah hal yang akan dilakukan Google. Itu berarti bahwa struktur teks Anda, cara Anda menulis paragraf Anda, menjadi semakin penting. Kalimat inti – kalimat pertama dari setiap paragraf – harus berisi pesan terpenting dari paragraf tersebut. Dan memiliki struktur yang jelas dan logis dalam teks Anda akan sangat berharga.

Kiat agar teks Anda tetap dapat dibaca

Mari kita bicara tentang bagaimana kita dapat membuat bacaan yang mudah. Sebelum Anda mulai menulis teks Anda, pikirkan tentang strukturnya. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda dan dalam urutan apa? Apakah itu urutan topik yang logis? Akankah audiens Anda dapat mengikuti argumen Anda, contoh dan pesan utama Anda? Mungkin Anda harus mencoba menulis konten dengan gaya piramida terbalik?

Cobalah untuk menggunakan kalimat pendek jika Anda bisa, karena kalimat yang panjang jauh lebih sulit untuk diproses. Hindari atau batasi jumlah kata sulit dalam teks. Usahakan untuk tidak menggunakan kalimat yang rumit dan usahakan untuk menghindari penggunaan passive voice. Juga, pastikan untuk menulis dengan gaya yang menarik. Itu bisa sangat sulit; tidak semua orang memiliki bakat untuk menulis kreatif. Ini membantu untuk mencampurnya sedikit! Cobalah untuk mengganti kalimat panjang dengan yang lebih pendek. Gunakan sinonim. Hindari memulai kalimat dengan kata yang sama. Dan lihat 5 tips kami untuk menulis posting blog yang mudah dibaca.

Kami tahu menulis salinan yang dapat dibaca itu sulit. Menulis teks yang tidak terbaca adalah kesalahan yang sering kita lihat. Itu sebabnya kami mengembangkan analisis keterbacaan di Yoast SEO. Ini memeriksa, misalnya, apakah kalimat Anda tidak terlalu panjang, apakah Anda tidak terlalu sering menggunakan kalimat pasif dan apakah panjang paragraf Anda baik-baik saja. Analisis ini memberi Anda tip tentang apa yang dapat Anda tingkatkan dan Anda bahkan dapat melihat kalimat mana yang perlu dilihat lagi. Kami terus menyesuaikannya, menambahkan tanda centang baru, dan menerjemahkannya ke dalam sebanyak mungkin bahasa yang berbeda. Kami memiliki hingga 18 bahasa sekarang! Analisis tersedia di plugin Yoast SEO gratis dan Premium kami.

Satu tip terakhir: bacalah dengan keras!

milik Google Gary Illyes pernah mentweet bahwa Anda harus membaca teks Anda keras-keras. Jika tidak terbaca dengan baik atau terdengar aneh, itu mungkin juga tidak akan mendapat peringkat.

Mari kita perjelas: peringkat Anda tidak akan langsung melonjak saat Anda meningkatkan keterbacaan teks Anda. Tapi, menulis posting blog yang dapat dibaca adalah bagian penting dari setiap strategi SEO. Jika Anda ingin pembaca Anda membaca seluruh posting atau halaman blog Anda, salinan Anda harus mudah dibaca. Posting yang dapat dibaca pasti akan menghasilkan lebih banyak pengunjung yang kembali dan tingkat konversi yang lebih tinggi. Jadi dalam jangka panjang: peringkat keterbacaan.

Teruskan membaca: SEO copywriting: panduan lengkap »



Sumber : 99dewa